• Tentang Kami
  • Contact
Kamis, 11 Juni 2026
Wartatangerang.com
No Result
View All Result
  • Login
  • Home
  • Kabupaten Tangerang
  • Kota Tangerang
  • Kota Tangsel
  • Banten
  • Nasional
  • Indeks
  • Home
  • Kabupaten Tangerang
  • Kota Tangerang
  • Kota Tangsel
  • Banten
  • Nasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Warta Tangerang
No Result
View All Result
Home Gaya Hidup

Apakah Lansia Masih Butuh Minum Suplemen Vitamin D dan Kalsium?

Oleh: wartatangerang.com
Minggu, 17 Juni 2018 / 14:13 WIB
Share on FacebookShare on Twitter

Semakin tua, kepadatang tulang akan menurun sehingga rentan keropos dan patah. Itu sebabnya banyak orang yang sedari muda sudah rajin minum suplemen vitamin D dan kalsium agar tulangnya tetap kuat. Kebiasaan minum suplemen ini pun berlanjut sampai tua nanti. Ada juga lansia yang baru memulai minum suplemen untuk mengurangi risiko osteoporosis. Nyatanya, para ahli mengungkapkan bahwa lansia tak lagi perlu minum suplemen untuk mencegah patah tulang. Mengapa demikian? Simak ulasannya berikut ini.

READ ALSO

Libur Sekolah Seru di Vega Hotel Gading Serpong: Diskon Kamar 20% dan Banyak Kelas Kreatif Anak

Libur Sekolah 2026, Herloom Hotel BSD Hadirkan Paket Playcation Seru Ramah Anak dan Hewan Peliharaan

Suplemen vitamin D dan kalsium tidak efektif mencegah patah tulang pada lansia

Vitamin D dan kalsium adalah dua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang. Kedua nutrisi tersebut bisa didapatkan dari makanan kaya vitamin D dan sumber kalsium, juga dalam bentuk suplemen yang lebih praktis.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada American Journal of Clinical Nutrition, orang yang berusia 70 tahun ke atas cenderung mengalami penurunan kemampuan memproduksi vitamin D hingga 75 persen. Ini sebabnya, para lansia dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium untuk mencegah patah tulang dan risiko jatuh.

Di sisi lain, sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) mengungkapkan bahwa orang dewasa kini tak perlu repot-repot lagi mengonsumsi suplemen tersebut. Pasalnya, suplemen vitamin D dan kalsium dinilai tidak memberikan efek berarti untuk mencegah risiko patah tulang panggul pada lansia.

Penelitian ini melibatkan 51 ribu lansia yang hidup di tengah masyarakat (bukan di panti jompo, rumah sakit, atau institusi lainnya). Hasilnya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara risiko patah tulang pada lansia yang rajin minum suplemen kalsium dan vitamin D dengan lansia yang minum pil plasebo (pil kosong).

Minum suplemen vitamin D dan kalsium justru dapat menimbulkan masalah kesehatan pada lansia

Hingga saat ini, para ahli belum menemukan cukup bukti yang menunjukkan bahwa suplemen vitamin D dan kalsium bermanfaat untuk mencegah patah tulang pada pria atau wanita premenopause. Walaupun lansia sudah diberikan suplementasi harian dengan 400 IU vitamin D dan 1.000 mg kalsium, ini tidak cukup untuk menurunkan risiko patah tulang di usia senja.

Obat apa pun, termasuk vitamin, bisa membahayakan kesehatan bila dikonsumsi tidak sesuai anjuran. Alex H. Krist, MD, seorang profesor di Virginia Commonwealth University di Richmond, mengungkap kepada Everyday Health bahwa rutin minum suplemen vitamin D dapat memberikan efek samping yang serius, terlebih jika dikombinasikan dengan suplemen kalsium.

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa minum suplemen vitamin D dan kalsium dosis rendah sekaligus dapat meningkatkan risiko patah tulang, beberapa jenis kanker, hingga kematian dini. Jika dalam dosis rendah saja bisa membahayakan, apalagi dengan suplemen dosis tinggi (800 IU vitamin D dan 1.200 mg kalsium) yang bisa memperparah risiko penyakit.

Walau demikian, asupan vitamin D dan kalsium tetap berperan penting untuk meningkatkan massa tulang dan mencegah patah tulang, terlebih pada orang usia muda. Jadi, lansia boleh saja mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium, asalkan telah mendapatkan rekomendasi dari dokter.

Lantas, bagaimana caranya agar kekuatan tulang lansia tetap terjaga?

usia lansia

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium harian pada lansia. Memang sih, minum suplemen itu lebih praktis. Akan tetapi, lansia lebih dianjurkan untuk memperbaiki pola hidup sehat dengan olahraga teratur, makan makanan bergizi seimbang, dan mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

Ya, olahraga lebih ampuh mencegah risiko jatuh pada lansia yang berusia 65 tahun ke atas. Hal ini dibuktikan dengan menguji keseimbangan, fleksibilitas, dan ketahanan tubuh lansia setelah melakukan latihan fisik sebanyak tiga kali per minggu. Hasilnya, daya tahan tubuh para lansia jadi lebih kuat dan mengurangi risiko patah tulang maupun terjatuh.

Maksimalkan usaha Anda dengan mengonsumsi makanan yang kaya kalsium seperti susu, sayuran, buah, dan kacang-kacangan. Jangan lupa untuk meluangkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit berjemur setiap pagi supaya mendapatkan asupan vitamin D alami bagi tubuh.

The post Apakah Lansia Masih Butuh Minum Suplemen Vitamin D dan Kalsium? appeared first on Hello Sehat.

Source

Temukan berita terkini Wartatangerang.com di Google News. Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang*

Previous Post

Fenomena Pareidolia, Melihat Sosok Atau Wajah Orang Pada Benda Mati

Next Post

5 Tanda Sakit Kepala Pada Anak yang Tidak Boleh Disepelekan Ortu

Related Posts

Rayakan HUT RI ke-80, Vega Hotel Tawarkan Diskon Menginap dan BBQ Spesial
Gaya Hidup

Libur Sekolah Seru di Vega Hotel Gading Serpong: Diskon Kamar 20% dan Banyak Kelas Kreatif Anak

Oleh: Rizki
Selasa, 9 Juni 2026 / 22:40 WIB
Libur Sekolah 2026, Herloom Hotel BSD Hadirkan Paket Playcation Seru Ramah Anak dan Hewan Peliharaan
Gaya Hidup

Libur Sekolah 2026, Herloom Hotel BSD Hadirkan Paket Playcation Seru Ramah Anak dan Hewan Peliharaan

Oleh: Rizki
Jumat, 5 Juni 2026 / 09:20 WIB
Mobile Legends Account: Memahami Nilai Sebuah Akun dalam Dunia Kompetitif Mobile Legends
Gaya Hidup

Mobile Legends Account: Memahami Nilai Sebuah Akun dalam Dunia Kompetitif Mobile Legends

Oleh: wartatangerang.com
Kamis, 4 Juni 2026 / 15:12 WIB
ARYADUTA Lippo Village Salurkan Hewan Kurban, Perkuat Kepedulian dan Kebersamaan dengan Masyarakat
Gaya Hidup

ARYADUTA Lippo Village Salurkan Hewan Kurban, Perkuat Kepedulian dan Kebersamaan dengan Masyarakat

Oleh: Rizki
Minggu, 31 Mei 2026 / 14:53 WIB
Promo Stay 2 Payless, Menginap 2 Malam Hanya Rp520 Ribu di Starlet Hotel Serpong
Gaya Hidup

Promo Stay 2 Payless, Menginap 2 Malam Hanya Rp520 Ribu di Starlet Hotel Serpong

Oleh: Rizki
Minggu, 31 Mei 2026 / 14:47 WIB
Liburan Long Weekend Makin Seru, Atria Gading Serpong Hadirkan Promo Staycation Plus Kelas Pemadam Kebakaran Anak
Gaya Hidup

Liburan Long Weekend Makin Seru, Atria Gading Serpong Hadirkan Promo Staycation Plus Kelas Pemadam Kebakaran Anak

Oleh: Rizki
Minggu, 31 Mei 2026 / 14:40 WIB
Next Post
5 Tanda Sakit Kepala Pada Anak yang Tidak Boleh Disepelekan Ortu

5 Tanda Sakit Kepala Pada Anak yang Tidak Boleh Disepelekan Ortu

Discussion about this post

WARTA TERKINI

Mampu Tampung 1.000 Tamu, Ini Fasilitas Mewah The Cendana Ballroom Howard Johnson By Wyndham Tangerang

Mampu Tampung 1.000 Tamu, Ini Fasilitas Mewah The Cendana Ballroom Howard Johnson By Wyndham Tangerang

Rabu, 10 Juni 2026 / 23:07 WIB
Bakal Hadir di BSD City! Dairyland at Hiera BSD Jadi Wisata Edukasi Peternakan Pertama Terbesar

Bakal Hadir di BSD City! Dairyland at Hiera BSD Jadi Wisata Edukasi Peternakan Pertama Terbesar

Rabu, 10 Juni 2026 / 23:02 WIB
Jadwal Lengkap Piala Dunia 2026 Pekan Pertama: Big Match Inggris vs Kroasia dan Aksi Juara Bertahan

Jadwal Lengkap Piala Dunia 2026 Pekan Pertama: Big Match Inggris vs Kroasia dan Aksi Juara Bertahan

Rabu, 10 Juni 2026 / 22:56 WIB
Pemkot Tangsel Pastikan Layanan Pemakaman Mudah Diakses, Sarana TPU Terus Ditingkatkan

Pemkot Tangsel Pastikan Layanan Pemakaman Mudah Diakses, Sarana TPU Terus Ditingkatkan

Rabu, 10 Juni 2026 / 22:09 WIB
Peringati Hari Lingkungan Hidup 2026, IKPP Tangerang Tanam 10.000 Mangrove Langka di Pesisir Pantai Utara

Peringati Hari Lingkungan Hidup 2026, IKPP Tangerang Tanam 10.000 Mangrove Langka di Pesisir Pantai Utara

Rabu, 10 Juni 2026 / 16:55 WIB
Wartawan Tangerang Bentuk Environmental Journalist Network, Fokus Isu dan Aksi Lingkungan

Wartawan Tangerang Bentuk Environmental Journalist Network, Fokus Isu dan Aksi Lingkungan

Rabu, 10 Juni 2026 / 16:43 WIB
Berpusat di Jembatan Kaca Berendeng, Festival Cisadane 2026 Siap Manjakan Warga Kota Tangerang

Berpusat di Jembatan Kaca Berendeng, Festival Cisadane 2026 Siap Manjakan Warga Kota Tangerang

Selasa, 9 Juni 2026 / 22:46 WIB
Rayakan HUT RI ke-80, Vega Hotel Tawarkan Diskon Menginap dan BBQ Spesial

Libur Sekolah Seru di Vega Hotel Gading Serpong: Diskon Kamar 20% dan Banyak Kelas Kreatif Anak

Selasa, 9 Juni 2026 / 22:40 WIB
Facebook Twitter Instagram Youtube
Wartatangerang.com

  • Tentang Kami
  • Disclaimer
  • Kode Etik
  • Pedoman
  • Privacy Policy
  • Contact

© 2022 Wartatangerang.com | Situs Berita dan Informasi Seputar Tangerang

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Kabupaten Tangerang
  • Kota Tangerang
  • Kota Tangsel
  • Banten
  • Nasional
  • Indeks

© 2022 Wartatangerang.com | Situs Berita dan Informasi Seputar Tangerang